Bab 8 - Variabel Penelitian

on Minggu, 08 November 2009




A. PENGERTIAN
1. VARIABEL
Konsep yang memiliki variasi dalam nilai

2. KONSEP
Suatu fenomena secara abstrak yang dibentuk dgn cara generalisasi terhadap sesuatu yang khas.
KONSEP
VARIABEL
Kecerdasan
IQ, IP, Nilai
Produktivitas
Output yang dihasilkan
Kemampulabaan
Laba per periode

B. JENIS VARIABEL
1.  Variabel Kontinu
Variabel yang nilainya dapat ditentukan dengan desimal yang tidak terbatas.
Misal : berat, tinggi, luas, pendapatan
2.  Variabel Diskrit (Discrete)
Variabel yang nilainya tidak dapat ditentukan dengan pecahan /desimal di belakang koma.
Dikotomi: hanya mengandung 2 nilai : jenis kelamin (laki-laki , perempuan), status perkawinan (kawin, tidak kawin)
Politomi : mengandung lebih dari 2 nilai : tk pendidikan, jumlah anak

3.  Variabel Dependent dan Variabel Independent
Variabel Dependent : variabel yang tergantung /terikat atas variabel lain
Variabel Independent : variabel yang tidak tergantung /tidak terikat atas variabel lain
Misal : pengaruh promosi dan distribusi terhadap volume penjualan
          Y = f (X1, X2)
          Y = volume penjualan
          X1 = promosi
          X2 = distribusi

4.  Moderating Variabel
Variabel bebas yang tidak memiliki pengaruh utama terhadap dependent variabel.
Penelitian : analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian produk elektronik
Y = f (X1, X2, X3)
X1 = harga produk elektronik
X2 = tingkat pendapatan
X3 = jenis kelamin

5. Intervening Variable
Seperti halnya moderating variable, tetapi nilainya tidak dapat diukur, seperti: kecewa, gembira, sakit hati

6. Dummy Variable
Variabel boneka, merupakan variabel yang isinya berupa kode-kode yang berfungsi untuk membedakan data yang berbeda pada variabel-variabel tertentu lainnya.

C. DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL
Merupakan suatu definisi yang diberikan kepada suatu variabel dengan cara memberikan arti atau mendiskripsikan kegiatan, ataupun memberikan operasional yang diperlukan untuk mengukur variabel tersebut.
Misal: Penelitian tentang “Evaluasi Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Dimensi Kualitas Pelayanan Pada KPP YK Satu”
  
Difinisi Operasional Variabel:
a. Tingkat Kepuasan
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil suatu produk yang ia rasakan disbandingkan dengan harapannya.
Tingkat kepuasan Wajib Pajak ditunjukkan dari kinerja layanan jasa terhadap pelaksanaan  atribut dari dimensi kualitas jasa pelayanan yang diukur dengan penilaian : Sangat Puas, Puas, Cukup Puas, Tidak Puas, Sangat Tidak Puas.

b. Tingkat Kepentingan/Tingkat Harapan
Tingkat kepentingan merupakan penerjemahan dari harapan-harapan Wajib Pajak terhadap atribut dari elemen jasa pelayanan yang diukur dengan penilaian : Sangat penting, Penting, Cukup Penting, Tidak Penting, Sangat Tidak Penting.

c. Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa
Dimensi kualiatas  pelayanan jasa terdiri atas: Assurance, Reliability, Emphaty, Responsiveness, dan Tangibles, dengan atribut pada masaing-masing dimensi sebagai berikut:


1). Reliability (Kehandalan)
Yaitu kemamampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan dengan terpercaya dan akurat. Dimensi ini terdiri dari atribut yang meliputi: ketepatan pelayanan, keterampilan/profesionalisme pelayanan. Pengukuran meliputi: Sangat Setuju, setuju, Cukup Setuju, tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju

2). Responsiveness (Daya Tanggap)
Yaitu kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat. Dimensi ini terdiri dari atribut yang meliputi : kesediaan membantu, penanganan terhadap keluhan Wajib Pajak.
Pengukuran meliputi: Sangat Setuju, setuju, Cukup Setuju, tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju

3). Assurance (Kepastian)
Yaitu pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan. Dimensi ini terdiri dari atribut yang meliputi: pengetahuan karyawan terhadap informasi yang diperlukan, kesesuaian memenuhi janji, kesiapan dalam memberikan pelayanan.
Pengukuran meliputi: Sangat Setuju, setuju, Cukup Setuju, tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju
4). Emphaty (Empati)
Yaitu kesedian untuk peduli, memberi perhatian pribadi bagi konsumen. Dimensi ini terdiri dari atribut yang meliputi: kemampuan berkomunikasi, perhatian terhadap Wajib Pajak, keramahan dan kesopanan.
Pengukuran meliputi: Sangat Setuju, setuju, Cukup Setuju, tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju

5). Tangibles (Berwujud)
Yaitu penampilan fasilitas fisik, peralatan, personil, dan materi komunikasi. Dimensi ini terdiri dari atribut yang meliputi: penampilan karyawan, kondisi rauang pelayanan, sarana dan prasarana penunjang.
Pengukuran meliputi: Sangat Setuju, setuju, Cukup Setuju, tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju


0 komentar:

Posting Komentar